Minggu, 27 November 2011

KIRI DAN KANAN

kemarin minggu, ada sesuatu yg membuat aku berpikir keras.... yaitu perdebatan tentang kiri dan kanan dengan seorang teman..
gara2 seorang sahabat aku di twitter yg membuat tweet ttg kenapa kiri selalu bermakna negatif..
dengan candaan aku retweet dengan kata2 soalnya elu cebokan pake tangan kanan wkwkwkw.....
lalu dibalas apakah salah tangan kiri sehingga harus senista itu...
hmmm......
jadilah aku yang sebenarnya terlahir dengan sifat kidal tergelitik buat ngejawabnya....
kenapa Kiri selalu dikonotasikan negatif...baik itu paham, sifat, dll....
dan kanan selalu dengan konotasi yg positif... hmmmm....*berpikir keras

pada dasarnya bukankah itu hanya masalah adat kebiasaan ya?...
orang tua kita mengajarkan selalu menggunakan tangan kanan, untuk makan, salaman, menerima-memberi sesuatu... kaya'nya bloom ada deh yg ngajarin nyuruh cebokan pake tangan kanan..ato makan pake tangan kiri...
dan diseluruh pelosok dunia juga selalu juga menggunakan tangan kanan.....

dulu pas TK ato sd biasanya aku selalu pake tangan kiri kalo nulis gambar ato apapun..walopun dirumah si mama (maaf ya emang begitu ane manggilnya) selalu nyuruh pake tgn kanan...
dan pada akhirnya penggaris berbicara...hahahaha..plok...sehingga jadilah aq si kidal yg me"nganan"

tapi kalo dipikir2 pada akhirnya kiri menjadi sesuatu yg negatif..
kalo org berbicara ttg marxis, komunism, dll pasti dianggap paham kiri, ideologi kiri, yg serba kiri...
tapi kalo berbicara nasionalis, agama, dan pencitraan2 positif..pasti orang akan bilang kanan..kanan..dan kanan...
terlalu kanan juga ga baik...

konotasi tentang "kiri" ini sbnrnya menarik sekali... kalo di agama juga selalu muncul kata2.. kalo memberi dengan tangan kanan..tangan kiri jgn sampai tau.. (walo mksdnya beda.) tp tetep kanan dan kiri....
sebenernya kalo di islam (kebetulan agama ane).. Rasullullah selalu memulai sesuatu dengan kaki kanan maupun tangan kanan kalo masuk ke suatu tempat, memakai sesuatu seperti alas kaki, baju,..
dan memulai dgn kaki kiri atau tangan kiri..untuk melepas baju, alas kaki, dsbg.. menurut hadist begitu...

okeh...so kiri dan kanan akhirnya menjadi suatu lambang secara tidak langsung...(correct me if im wrong).. tapi benernya juga kenapa musti kiri yang disudutkan...hemmm....kalo kata syahrini (artis dgn bulu mata terdahsyat di dunia) "sesuatu banget"....
so salah apa dengan kiri....

yah kalo mo diributin mpe badan ane kurus juga ga bakal kelar dibahas.....
kesimpulan yang bisa aku petik adalah....
MANGGA ga bakal jauh jatuh dari pohonnya,,, wkwkwkw,,,, *makin ga nyambung..
KIRI adalah kiri...yang selalu menjadi penyeimbang si KANAN...
karena KANAN gak bakal bisa hidup tanpa si KIRI...
YIN and YANG...konsepnya orang mandarin...
so soal kiri atau kanan itu adalah soal pilihan bung...ga usah diperdebatkan .. we live in harmony...
semua butuh penyeimbang, (rada2 bullshit siy kata2nya) wkwkwkw....tapi emang gitu yg terbaik..
orang ganteng ga bakal keliatan ganteng kalo ga ada orang jelek,...
orang baik ga bakal kelihatan baik kalo ga ada orang jahat...

 ya udah lah ya....ini gara2 OP warnet yg ga adil ama jaringan wifi... (nasib, bloom bayar tagihan internet) :(



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar